10 ANAK YATIM PIATU DIHARI JUM,AT BERKAH MAKAN NASI BUNGKUS MUAL DIDUGA KERACUNAN

TANAH BUMBU.monitor24jam-Sepuluh orang anak-anak yatim piatu Desa Manurung di dua Kecamatan Kusan Tengah dan Kecamatan Kusan Hilir,Kabupaten Tanah Bumbu,keracunan masal dari makanan nasi bungkus titipan Hj.Wati melalui,Deni,selaku hajatan disetiap Jum,at berkah nasi kotak Rocket Cicken.Jum,at.(20/10/2023).

Data korban yang mengalami keracunan:
1.An.M.Qolyubi, Umur 8 th, Alamat Desa Betung RT.04, lagi main ke rumah Nenek di Manurung RT.01.
2.An.Aisyah Ramadhani , Umur 7 th,Alamat Desa Manurung Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.
3.An.Heril Saputra,Umur 15 th, Alamat Desa Manurung Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.
4.An.Muhammadun Arsyad,Umur 13th, Alamat Desa Mudalang RT.01 Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. 
5.An.M.Rizky Aditya, Umur 12th, Alamat Desa Mudalang RT.01 Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.
6.An. Adi Jandrawan,Umur 10 th, Alamat Desa Manurung Rt.01 Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.
7.An.M.Farhan, Umur 11 th, Alamat Desa Manurung Rt.01 Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.
8.An.Naufal, 5 th, Alamat Desa Manurung Rt.01 Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.
9.M.Hafiz, Umur 3 th, Alamat Desa Manurung Rt.01 Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.
10.Nur alifah,Umur 1 Tahun, Alamat Desa Manurung Rt.01 Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.

Ikut bersaksi dua orang,Deni (35) warga Desa Pagaruyung,Kecamatan Kusan Hilir,Kabupaten Tanah Bumbu.Dan Halimah Desa Manurung RT.01,Kecamatan Kusan Tengah,Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut keterangan dari saksi saudara Deni,yang biasanya (setiap hari jum'at) membagikan Sedekah Berupa Nasi Kotak Rocket Cicken sebanyak 23 Kotak untuk dibagikan ke Anak-anak Yatim-piatu di Desa Manurung.
Dihari itu,Deni mendapat Titipan Nasi Bungkus dari Donatur saudari Hj Yanti,Warga Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 40 Bungkus,kemudian,Deni, Nasi-nasi itu di antarkan Ke saudari,Halimah,Warga RT.01.Desa Manurung Kecamatan Kusan Tengah untuk dibagikan ke Anak-anak Yatim-piatu di Desa Manurung akan dibagikan Setelah Sholat Jum'at.
Deni tidak ikut membagikan nasi itu kerena ada pekerjaan diluar sana.Sore Hari,Deni,mendapat habar bahwa warga yang khususnya anak-anak  menerima Nasi Bungkus telah mengalami mual-mual dan di bawa ke UGD,(Unit Gawat Darurat). Puskesmas Perawatan.Dari Hasil Analisa;
• Kejadian Tersebut dari warga yang mengalami mual-mual kebanyakan Mereka memakan Nasi Bungkus tersebut saat sore hari dimungkinkan nasin tersebut sudah Basi.
• Isi Nasi bungkus tersebut berupa nasi putih, telur masak merah dan mie yang di campur menjadi satu bungkus.
• Nasi Bungkus tersebut diolah sekitar jam 06.00 Wita serta isi nya dijadikan satu bercampur dengan nasi dan yang lainnya.
• Selain Nasi Bungkus ada Juga Nasi Rocket Cicken Namun warga yang memakan nya tidak ada yang mengalami Rasa Mual.

Prediksi :
• Tidak Menutup Kemungkinan untuk  Jumlah warga yang diduga Keracunan yang khususnya anak-anak yang diakibatkan mengkonsumsi nasi bungkus tersebut akan bertambah.

Oleh kerena itu Dinas Kesehatan beserta Puskesmas Perawatan Pagatan dan Puskesmas Pulau Tanjung akan melakukan Uji Laboratorium terhadap bahan-bahan dari Nasi bungkus yang dibagikan tersebut.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo SIK,melalui Kasi Humas Polres Tanah Bumbu,IPTU Jonsen Sinaga,membenarkan telah terjadi anak-anak yatim piatu sebanyak sepuluh orang diduga keracunan makanan nasi kotak yang selalu dibagikan oleh saudara,Deni,Jum,at berkah.
Salah satu Donatur bernama saudari Hj.Wati,ikut menitipkan nasi bungkus untuk dibagikan kepada anak-anak yatim piatu,melalui saudari, Halimah,sebanyak 40.bungkus.Setelah nasi bungkus tersebut dibagikan,sore baru dimakan kemungkinan nasi sudah basi,hingga saat dimakan terjadilah mual diperut.

Insiden ini sudah ditangani Intelkam Polsek Kusan Hilir dan Reskrim Polres Tanah Bumbu,bersama petugas Puskesmas untuk mengetahui sebab insiden diduga keracunan makanan tersebut.Kata Iptu Jonsen Sinaga Kasi Humas Polres Tanah Bumbu.Sabtu (21/10/2023).(Nr).-

H.JUMRON AR.BACALEG ANGGOTA DPRD TANBU 2024 DAPIL 4.NOMOR URUT 2.INSYAALLAH AMANAH.



HANI DAMAYANTI BACALEG ANGGOTA DPRD TANBU DAPIL 2.NOMOR URUT 5.INSYAALLAH AMANAH










Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama