“Matinya lampu merah atau traffic light itu kurang lebih sudah satu minggu. Ini
penangannya sangat lambat, karena aset ini milik Provinsi Kalsel. Saya juga sudah berkomunikasi dengan Dishub Kabupaten Tanbu, dan dari Kadishub pun sudah menyampaikan ke Dishub Provinsi bahwa lampu merah kilometer 6 di Desa Sarigadung itu mati,” sebut wakil rakyat dari Fraksi Gerindra ini.

“Sayakan tahu betul proses pemasangan traffic light disitu, kan saya ke Provinsi turut mengusulkannya” ujar Said Mail.

Menurut Said Ismail, dia dan rekan-rekan di DPRD Tanah Bumbu sudah beberapa kali minta provinsi agar menghibahkan atau memberikan kewenangan kepada Pemkab Tanbu terkait penanganan dan perawatan lampu pengatur lalu intas di km 6 Desa Sarigadung tersebut.

“Saya berharap provinsi mau menghibahkan lampu merah itu ke kabupaten, kalau misalkan itu bisa dihibahkan, lakukan lah demi masyarakat,” tambahnya.

Menurut Said Mail, Kalaupun tidak bisa dihibahkan mohon diserahkan perawatannya di Dishub Kabupaten Tanbu, karena bila kerusakan seperti ini, itu selalu berkoordinasi ke provinsi dan menunggu beberapa hari untuk diperbaiki.

“Kita takutnya lampu merah di kilometer 6 itu kembali terjadi tragedi memakan korban jiwa akibat kecelakaan lagi seperti dulu, itu akibat lampu merah itu juga eror.” lontar Said Ismail.

“Tolong lah ada kebijakan bila mati lampu merah itu segera ditangani oleh provinsi, kalau Dishub Kabupaten sini sudah menyampaikan ke provinsi juga,”pungkas Said Mail.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dishub Tanbu H. Setia Budi mengatakan, traffic light di km 6 Desa Sari Gadung tersebut memang sepenuhnya, penangananya kewenangan Dishub Provinsi.

“Dishub Tanbu tidak ada wewenang, karena itu milik provinsi, tapi sudah kami laporkan dan dalam waktu dekat akan diperbaiki oleh mereka.” Kata H. Setia Budi.

Dapat diketahui.pada tahun 2019 tanggal 8 bulan 12 lalu pernah terjadi kecelakaan lalu lintas yang mana korban pengendara
motor merk Yamaha Aerox warna hitam itu meninggal di tempat lokasi lampu merah kilo meter 6 akibat kecelakaan, dan ada juga korban lainnya yang juga terjadi di lampu merah itu.(Nr).-