Bupati Zairullah Azhar Terima Penghargaan Lencana Bakti Desa Pertama

TANAH BUMBU.monitor24jam.com – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menerima penghargaan lencana Bakti Desa Pertama dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Bupati Zairullah Azhar di dampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Samsir, Senin (26/8/2024) di Batulicin. Mengatakan bersyukur dan menymabut baik dengan penghargaan yang di berikan oleh Kemendes PDTT tersebut.

Penghargaan ini merupakan bukti kerja keras yang di lakukan oleh jajaran Pemkab Tanbu.

Utamanya dalam hal percepatan pembangunan desa di Bumi Bersujud.

Sehingga seluruh desa di Tanah Bumbu sudah mencapai status desa mandiri.

Ia mengatakan proses perjalanan menuju pencapaian ini bukanlah hal yang mudah.

“Ini merupakan hasil kerja keras, dedikasi, dan kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat, serta berbagai pihak terkait,” ujar Bupati Zairullah.

Desa-desa di Tanbu, sambungnya telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam mengelola potensi lokal, meningkatkan infrastruktur, serta memberdayakan masyarakat untuk mencapai kemandirian yang di idamkan.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir menambahkan bahwa pada tahun 2021 ada sebanyak lima desa ststus tertinggal.

Yakni Desa Batubulan, Desa Dadap Kusan Raya, Desa Tamunih, Desa Gunung Raya, dan Desa Emil Baru.

Kemudian, pada tahun 2023, desa tersebut telah berhasil bertransformasi dari desa tertinggal menjadi desa berkembang.

“Pengentasan desa dari kategori tertinggal menjadi berkembang mencerminkan kemajuan yang signifikan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk di ketahui IDM Tanah Bumbu tahun 2024 (Status berkembang 14 desa, Maju 47 desa, Mandiri 91 desa). Di mana di Tahun 2023 (Berkembang 36 desa, Maju 77 desa dan Mandiri 39 desa).(Ril).-

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama