Tanah Bumbu Raih Penghargaan UHC Award 2024,Diserahkan Wakil Presiden KH Ma,ruf Amin

TANAH BUMBU.monitor24jam.com  —Kabupaten Tanah Bumbu meraih penghargaan cakupan jaminan kesehatan Universal Health Coverage (UHC) Awards tahun 2024 Kategori Pratama.

Penyerahan UHC Awards 2024 dilakukan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis, (8/8/2024).

Untuk Tanah Bumbu, diterima Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar diwakili Sekda kab Tanah Bumbu Dr. Ambo Sakka.

Tanah Bumbu menjadi salah satu penerima penghargaan yang di berikan kepada pemerintah daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota se-Indonesia.

UHC Award bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat.

Penghargaan ini di berikan dalam acara UHC Awards, sebagai bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam mendaftarkan penduduknya pada Program JKN.

Dalam acara tersebut, Ma’ruf Amin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung Program JKN.

Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Bupati Zairullah melalui Sekda mengatakan bahwa capaian tersebut merupakan salah bentuk tanggung jawab dan kepedulian pemerintah daerah. Kepada masyarakat untuk bisa mendapatkan kemudahan akses layanan kesehatan.

“Langkah ini merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kesejahteraan dalam bidang kesehatan. Sekaligus dukungan penuh terhadap program yang di selenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini program JKN,” ungkapnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu sangat memperhatikan jaminan kesehatan serta pelayanan kesehatan yang optimal. Sehingga masyarakat kami dapat menikmati layanan kesehatan tanpa diskriminasi,” jelas Zairullah.

Sebagai informasi setiap daerah akan mendapatkan predikat UHC. Apabila cakupan kepesertaan Program JKN di daerahnya telah mencapai di atas 95 persen dari total jumlah penduduk di daerah tersebut.

Untuk Kabupaten Tanah Bumbu jumlah cakupan kepesertaan Program JKN sebanyak 354.373 jiwa atau sudah mencapai 100 persen dari total jumlah penduduk secara keseluruhan.

Hal ini membuat Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan penghargaan dalam Kategori Utama. Dengan capaian cakupan kepesertaan JKN lebih dari 98 persen dari total jumlah penduduk di wilayahnya.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, dalam sambutannya juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh kepala daerah atas kesuksesan Program JKN. 

Sementara itu, Sekda Kabupaten Tanah Bumbu Dr. Ambo Sakka di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Muhammad Yandi Noorjaya menegaskan, Tanah Bumbu sejak awal komitmen bahwa jaminan kesehatan itu merupakan hak masyarakat Tanah Bumbu.(Ril).-


    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama