Bupati Tanah Bumbu Buka Bimtek CPPOB Dan Pembenihan Ikan Patin Dikawasan Smart Fesheires Village

TANAH BUMBU.monitor24jam.com  – Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Pembenihan Ikan Patin, Kamis (17/10/2024).

Selain itu juga melaksanakan Bimtek Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB). Bertempat di lokasi Smart Fisheries Village (SFT), Kawasan Cekdam, Kecamatan Simpang Empat.

Pesertanya adalah para pembididaya ikan setempat.

Kegiatan Bimtek kerjasama Balai Besar Riset Pengolahan Produk Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Kementarian Perikanan dan Kelautan RI bersama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Zairullah Azhar sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Balai Besar Riset Pengolahan Produk Bioteknologi Kelautan dan Perikanan atas kerja samanya dalam mendukung keberlanjutan program pembangunan daerah khususnya Program Smart Fisheries Village.

Bupati berharap program ini dapat memberikan edukasi dan motivasi kepada seluruh peserta yang merupakan anggota kelompok pembudidaya ikan. Sehingga nantinya potensi lokal berupa ikan patin ini dapat berkembang memenuhi standar, tidak hanya di lokal Tanah Bumbu namun bisa di ekspor ke mancanegara.

“Tentu ini harus di dukung oleh SDM yang terampil. Mulai dari cara pembenihan, pembesaran sampai dengan mengolah menjadi produk olahan ikan Patin,” kata Zairullah.

Perwakilan Balai Riset Pengolahan Produk Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Dr Muhammad Darmawan mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program yang sudah di rencanakan pada tahun 2023 untuk pengembangan desa perikanan cerdas di Tanah Bumbu.

Kegiatan ini juga merupakan wujud sinergitas antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Konsep desa perikanan cerdas merupakan konsep pengembangan desa perikanan yang terintegrasi dari hulu sampai kehilir. Dengan menggunakan teknologi yang ada dengan tujuan adalah pengembangan kesejahteraan masyarakat dengan peningkatan ekonomi masyarakat ujar nya.

 Usai membuka secara resmi Bimtek CPPOB dan Pembenihan Ikan Patin. Bupati Tanbu Abah Zairullah menyempatkan mengunjungi kawasan Smart Fisheries Village tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Zairullah menyempatkan menabur bibit nila merah pada kolam selokan yang sudah di manfaatkan untuk menjadi kolam budidaya ikan.

Hadir pada pembukaan bimtek tersebut, Sekda Tanbu Ambo Sakka serta jajaran pejabat di Lingkup Pemkab Tanah Bumbu.

Hadir pula Wakil Bupati Tanah Bumbu periode 2019-2021 H Ready Kambo, dan Ir Agus Darmawan dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin sebagai Narasumber pada kegiatan Bimtek tersebut.(Ril Mc).-

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama