Optimis Kembangkan UMKM,Diskumdagri Tanbu Dukung Penuh Pelaku Usaha

TANAH BUMBU.monitor24jam.com - Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Tanah Bumbu serius dan fokus terhadap pengembangan UMKM daerah (1/10/2024).

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah dan nasional. UMKM juga berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat serta menyerap tenaga kerja khususnya di daerah.

Kepala dinas kumdagri kabupaten Tanah Bumbu Hamaluddin Tahir optimis terhadap penumbuhan UMKM yang ada di kabupaten Tanah Bumbu. Hal tersebut di tidak terlepas dari pembinaan dan fasilitas yang telah di berikan pemerintah daerah dalam mendorong pengembangan produk lokal daerah (UMKM).

“Secepatnya kami berencana launching Rumah Oleh-oleh Bersujud (ROB) dan ini salah satu langkah pemerintah daerah untuk mendukung pelaku UMKM” ungkapnya.

Pemerintah daerah melalui dinas kumdagri Tanah Bumbu juga telah menghadirkan rumah kemasan yang menjadi ruang bagi para pelaku UMKM dalam pengembangan produk makanan maupun kerajinan.

“Kita Berharap produk UMKM kita naik kelas dengan membenahi produk dan kemasan” katanya.

Potensi pengembangan UMKM tersebut akan semakin maju dengan pembinaan dan keterlibatan pelaku UMKM yang terorganisir

Pengembangan UMKM tersebut tidak terlepas dari industri kecil menengah (IKM) Yang menjadi ujung tombak produksi produk untuk di pasarkan.

Kepala bidang Perindustrian Dinas Kumdagri Tanah Bumbu hj Sri Minarni juga  menjelaskan pentingnya pembinaan dan dukungan bukan hanya kepada produk jualan tetapi juga kepada pengolahan produk.

“Pendampingan dan pembinaan terus kami upayakan terutama dalam hal pengolahan dan pemilihan bahan produksi. Dan untuk UMKM kami memberi ruang dan selalu kami libatkan dalam semua momentum” jelasnya

Produk UMKM kabupaten Tanah Bumbu sangat potensial dalam menembus pasar lokal dan nasional. Produk yang di hasilkan juga sangat variatif dan peran pemerintah daerah dalam pengembangan tersebut sangat di butuhkan.(Ril Mc).-

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama